• Phone: (021)-7418-607
  • info@imz.or.id
Stay Connected:

Memasuki tahun 2010 ini kegiatan pembayaran zakat di seluruh dunia semakin meningkat. Diperkirakan lebih dari 80 % kaum muslimin yang termasuk kategori muzakki (wajib zakat) telah menunaikan zakat. Baik dibayarkan melalui Organisasi pengelola zakat, maupun langsung dibayarkan kepada mustahik di negaranya masing-masing.
Berdasarkan perhitungan berbagai pihak, khususnya dengan merujuk kepada pola perhitungan yang dilakukan oleh Habib Ahmed dari IRTI – Islamic Development Bank (IDB), maka kita bisa menghitung bahwa tahun 2010 dengan menggunakan perkiraan proporsi zakat atas GDP setiap Negara muslim, maka diperkirakan potensi zakat dunia dalam setahun tidak kurang dari USD 600 Milyar.
Dengan memperhatikan data jumlah orang miskin dunia pada tahun 2007 yang mencapai 830 juta jiwa, maka potensi zakat dunia akan mampu mengatasi kemiskinan sampai 24,1%, dengan asumsi bahwa setiap orang miskin akan mampu dientaskan dengan besar bantuan dana pemberdayaan zakat sebesar USD 3000 per orang.
Memahami akan signifikannya potensi zakat dalam mengatasi kemiskinan dunia, maka segenap elemen pengelola zakat tergerak untuk mengadakan konferensi internasional World Zakat Forum (WZF) 2010. Rencananya, kegiatan yang mengundang pegiat zakat di seluruh dunia ini dilaksanakan pada 28 September – 2 Oktober 2010 di  Jogjakarta, Indonesia.
World Zakat Forum adalah forum pertemuan bersama organisasi-organisasi pengelola zakat di dunia dalam rangka membicarakan berbagai permasalahan zakat di dunia serta memutuskan dan merekomendasikan sebuah langkah atau kegiatan dalam rangka meningkatkan fungsi zakat dalam memecahkan berbagai permasalahan di dunia.
Pada forum konferensi ini juga tidak tertutup kemungkinan dilahirkannya sebuah forum kerjasama dan organisasi lintas dunia dalam urusan zakat yang akan mampu mensinergikan pengelolaan zakat seluruh dunia, khususnya dalam rangka memanfaatkan zakat untuk mengatasi kemiskinan.
Tema yang diangkat pada World Zakat Forum kali ini adalah “Meneguhkan Peran Zakat Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Ummat Melalui Jejaring Zakat Internasional” (To Strengthen The Role of Zakat in Realizing the Welfare of Ummah Through International Zakat Network). Sementara peserta yang diundang meliputi, Organisasi Pengelola Zakat, Organisasi Islam, perguruan tinggi, Organisasi kerjasama zakat nasional dan regional, pusat-pusat kajian zakat dan perwakilan organisasi pengelolaan zakat dari berbagai negara di dunia. Jumlah peserta diperkirakan sebanyak 300 orang peserta.
Kegiatan World Zakat Forum ini juga direncanakan akan memberikan kontribusi yang nyata dalam merumuskan model pengelolaan zakat tingkat dunia yang mampu memiliki dampak dalam memecahkan sebagian permasalahan dunia. Berbagai alternatif mobilisasi dan pengelolaan dana zakat dunia (World Zakat Fund) akan dibicarakan, juga mengenai  model sinergi antar negara dalam mengoptimalkan dana zakat dari negara-negara yang surplus zakat ke negara-negara miskin. World Zakat Forum juga akan berupaya untuk mencari rumusan dalam mengoptimalkan zakat sebagai sumber daya alternatif untuk mengatasi kemiskinan dunia.
Semoga kegiatan World Zakat Forum akan memberikan manfaat yang nyata bagi perkembangan zakat dunia dan memberikan solusi dalam mengatasi kemiskinan dunia melalui sinergi yang optimal.
Catatan : Ahmad Juwaini (Ketua FOZ)