• Phone: (021)-7418-607
  • info@imz.or.id
Stay Connected:

Zakat merupakan sumber bersosial kemasyarakatan yang subur bagaikan mata air yang memancar menjamin orang-orang yang sedang membutuhkan pertolongan, orang-orang fakir yang perlu untuk dicukupi, para dhuafa dan orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Realisasi penerapan zakt yang dilakukan negara-negara Islam pada masa-masa kejayaan Islam sepanjang sejarah telah menorehkan keberhasilan yang gemilang. Di antara pengaruh besar bagi umat Islam – dari realisasi zakat – adalah dalam memerangi kemiskinan dan memberantas pangkal kefakiran, serta keterbatasan finansial. Sehingga masyarakat Islam dari ujung barat sampai ujung timur menjadi masyarakat yang berkecukupan dan sejahtera.

Yahya bin Sa’id pernah mengisahkan, “Khalifah Umar bin ‘Abdul ‘Aziz mengutusku untuk mengumpulkan zakat dari benua Afrika dan aku pun lantas mengumpulkannya. Kemudian aku mencari fakir miskin untuk aku berikan zakat kepada mereka, akan tetapi aku tidak menemukan seorang pun yang mau mengambil zakat tersebut. Umar bin ‘Abdul ‘Aziz telah membuat mereka berkecukupan. Lalu harta zakat tersebut aku belikan seorang budak dan memerdekakannya”.

Buku kecil ini merupakan Panduan Lengkap dan Praktis tentang Zakat. Dipaparkan juga pendapat-pendapat ulama yang berkompeten dalam amsalah zakat. Penulis juga meneliti dan menjelaskan seputar Zakat dalam konteks kekinian, seperti Zakat Saham, Zakat Perusahaan dan Apartement, yang mungkin sebelumnya belum banyak dibahas.

Selamat menunaikan zakt, mudah-mudahan harta kita jadi bersih dan berkah. Amin.

]]>

Add Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

First Name*
Subject*
Email*
Your Comments