• Phone: (021)-7418-607
  • info@imz.or.id
Stay Connected:

Jakarta, 3 Maret 2011

Salah satu faktor yang bisa menumbuhkan citra positif di mata masyarakat luas adalah publikasi, salah satunya ialah dengan membina Media Relation oleh siapapun dan pada organisasi apapun. Termasuk bagi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ).  Hal ini memegang peranan penting sebagai salah satu alat promosi ampuh untuk memperkenalkan positioning lembaga termasuk sosialisasi rekam  jejak prestasi lembaga di dalamnya.

Atas dasar tersebut, maka pada 23 februari 2011 lalu Indonesia Magnificence of Zakat (IMZ) mengadakan Zakat Public Training yang bertemakan Strategi Menghimpun Dana melalui Media Relation di IMZ Building Ciputat Tangerang. Beberapa praktisi Organisasi Pengelola Zakat yang berasal dari berbagai daerah, diantaranya adalah perwakilan dari DSIM Palembang dan BAZ Jayapura merupakan dua dari sekian peserta yang berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut.

Training satu hari tersebut mengupas materi Peran Media terhadap Lembaga sebagai Strategi Menggalang Dukungan Massa, Teknik Membuat Iklan Layanan Masyarakat dan Press Release serta diperkaya dengan praktik Membuat Rancangan Iklan dan Press Release. Hadir sebagai narasumber ialah Jajang Hernandar dan Syafril Harsanto selaku Trainer Public Relation serta Ibu Euis selaku Redaktur sebuah harian nasional “Agar informasi yang kita buat dapat tersaji lebih tajam dan menarik orang untuk membacanya, dalam membuat siaran pers  kita harus memperhatikan  3 C, yakni  Content, Context dan  Contras” tegas Syafril Harsanto pada salah satu sesi. Selain itu dengan mengagendakan  Media Visit secara rutin juga dapat sebagai jembatan komunikasi dan koordinasi yang efektif tambahnya.

Nana Mintarti selaku Direktur IMZ memaparkan dalam sambutan perkenalannya bahwa menjalin hubungan yang harmonis dengan media oleh para penggiat OPZ adalah sebuah keniscayaan.  sebagai lembaga publik, kepercayaan masyarakat merupakan faktor penting demi menjaga sustainbilitas lembaga. Selain dapat memberikan transparansi pengelolaan dana, hal ini juga berlaku sebagai edukasi kepada masyarakat bahwa dengan berzakat melalui lembaga akan memberikan dampak yang lebih optimal dalam memberdayakan masyarakat miskin.

Zakat Public Training merupakan salah satu rangkaian program IMZ dalam penguatan kapasitas organisasi pengelola zakat dan pemberdayaan secara komprehensif dan integratif. Dirancang bagi praktisi, pemerhati dan akademisi yang ingin mengetahui dan memahami ajaran zakat, prinsip-prinsip pemberdayaan dan pendayagunaan zakat, dan  prinsip-prinsip dasar operasional lembaga zakat maupun peningkatan wawasan pengetahuan manajemen umum. Selain tema zakat juga digulirkan tema filantropi secara umum.  Diadakan secara rutin dan terbuka untuk umum.

IMZ

]]>