• Phone: (021)-7418-607
  • info@imz.or.id
Stay Connected:

Ciputat, 5 Agustus 2011

Indonesian Magnifince of Zakat (IMZ) mencoba meretas jalan baru sosialisasi dan diseminasi informasi presentasi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Indonesia dalam sebuah kegiatan bertajuk “IMZ Award 2011” yang telah memasuki tahun ketiga yang diselenggarakan pada tanggal 3 Agustus 2011 di Jakarta.

“Dalam riset terbaru yang dilakukan oleh IMZ tahun 2011, kinerja pengelolaan zakat yang dilakukan oleh OPZ di tanah air dapat mengurangi jumlah keluarga miskin sebesar 23,2 persen dan tingkat keparahan kemiskinan dapat ditekan hingga 24,94 persen. Ini salah satu bukti keberhasilan zakat Indonesia pada persoalan pengentasan kemiskinan Indonesia,” kata Direktur IMZ, Nana Mintarti saat memberikan sambutan, Kamis.

Nana Minarti juga menjelaskan bahwa adanya IMZ Award merupakan ajang apresiasi zakat nasional dan internasional. IMZ Award telah banyak memberikan apresiasi kepada para organisasi pengelola zakat yang memiliki prestasi di dalam pengelolaan program serta kepada Individu yang telah berjasa terhadap pengembangan dunia perzakatan.

Ketua Umum Forum Zakat Nasional, Ahmad Juwaini mengatakan sangat mendukung adanya IMZ Award 2011 ini dan berharap semakin banyak umat muslim yang berzakat melalui OPZ agar nantinya turut serta memberi kontribusi mengatasi masalah kemiskinan dan kebodohan di Indonesia.

Dia juga menjelaskan, tujuan diselenggarakannya IMZ Award setiap tahunnya ialah untuk terus meningkatkan semangat kompetitif antar lembaga dan organisasi zakat dalam menata pengelolaan lembaga yang semakin profesional dan kreatif serta diharapkan kian menghangatkan silaturrahmi antar-OPZ dengan masyarakat melalui publikasi media.

Ketua Dewan Juri, Mustafa Edwin Nasution, Ph.D. mengatakan, kegiatan seperti IMZ Award harus dilestarikan dan rutin diadakan tiap tahunnya agar masyarakat muslim semakin sadar terhadap pentingnya zakat.

Penghargaan IMZ Award 2011 diberikan kepada Organisasi Pengelola Zakat dan Individu berdasarkan atas 13 Kategori penilaian, yakni Kategori Program Pendayagunaan Ekonomi Terbaik, Kategori Program Pendayagunaan Pendidikan Terbaik, Kategori Program Pendayagunaan Kesehatan Terbaik.

Kategori Program Manajemen Kebencanaan Terbaik, Kategori Organisasi Pengelola Zakat dengan Pertumbuhan Penghimpunan Terbaik, Kategori Organisasi Pengelola Zakat dengan Penghimpunan Terbesar, Kategori Organisasi Pengelola Zakat dengan Transparansi Terbaik.

Kategori Inovasi Program Organisasi Pengelola Zakat Terbaik, Kategori Tokoh Pengembangan Zakat Indonesia, Kategori Bank dengan Layanan Pembayaran Zakat Terbaik.

Kategori Organisasi Pengelola Zakat Favorit Pilihan Masyarakat, Kategori A Life Time Achievement dan Kategori Organisasi Pengelola Zakat Dunia dengan Program Terbaik.

 

Sumber : id.berita.yahoo.com

]]>