• Phone: (021)-7418-607
  • info@imz.or.id
Stay Connected:

Ciputat, 18 Agustus 2011

Dirut PT Bank Sumut, Gus Irawan Pasaribu bersama pengurus Lembaga Amil Zakat (LAZ) Bank Sumut yang bekerja sama dengan Yayasan Murni Gus Irawan Foundation, melakukan safari dengan menyerahkan Bantuan Zakat Produktif Sejahtera (Bazar) kepada 176 mustahiq di berbagai lokasi di Medan, Deliserdang dan Kisaran untuk disalurkan kepada 176 orang omak-omak (kaum ibu) dari lapisan masyarakat prasejahtera.

Penerima zakat produktif ini adalah perempuan berstatus janda dan ibu rumah tangga prasejahtera yang sehari-hari menjalankan usaha mikro seperti usaha jajanan, warung nasi, penjahit, jamu keliling, pedagang sayur, kedai sampah, warkop, jual bensin eceran, jual bakso dan lain-lain. Zakat produktif yang disalurkan senilai Rp 500.000 sampai dengan Rp 1 juta per orang dan setiap penerima diberikan buku rekening tabungan syariah Bank Sumut. “Bantuan zakat produktif ini diberikan dalam bentuk modal kerja atau pun investasi peralatan kerja. Diharapkan, bantuan untuk modal usaha ini bisa dimanfatkan sebaik-baiknya dan secara disiplin mengumpulkan kembali dana yang telah digunakan agar bisa secara bergulir dimanfaatkan kembali oleh para mustahiq lainnya. Saya berharap, ketika kita bertemu lagi di waktu yang berbeda, usaha yang dijalani para mustahiq ini sudah berkembang lebih baik dibanding sebelumnya,” kata Gus Irawan, di Medan, kemarin. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Pemimpin Divisi Bank Sumut Didi Duharsah beserta pejabat LAZ Bank Sumut Andika Pratama, Ketua Murni Gus Irawan Foundation Murni Asrida Gus Irawan dan Sekretaris Murni Gus Irawan Foundation Linda Azmar. Sejak tahun 2008, kata Gus, Bank Sumut telah menyalurkan bantuan zakat produktif sejahtera kepada lebih 1.500 orang, dengan jumlah dana yang tersalurkan lebih dari Rp 1,2 miliar. Penyerahan zakat di Deliserdang dilakukan di Batu Penjemuran (Namorambe) untuk 60 orang, kemudian 83 orang di Kelurahan Terjun Medan Marelan dan di Kelurahan Binjei Medan Denai.

Zakat Karyawan Sementara LAZ PT Bank Sumut Kisaran menyalurkan dana zakat penghasilan karyawan berupa 100 paket yang terdiri dari sembako dan kain sarung serta pemberian bantuan dana, kain sarung kepada 10 penjaga mesjid di Kisaran. “Bantuan yang diberikan berasal dari zakat seluruh karyawan bank Sumut yang dikumpulkan melalui pemotongan gaji karyawan,setelah itu zakat disalurkan kembali kepada daerah masing-masing, semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat dibulan Ramadhan ini, ” jelas Kepala Cabang Bank Sumut Kisaran Amirin Harahap. Kepala cabang Bank Sumut Syariah Kisaran, Nafizar Lubis menjelaskan pemberian zakat tersebut merupakan rutinitas Bank Sumut saat bulan Ramadhan tiba dan diberikan kepada yang berhak mendapatkannya.

 

Sumber : medanbisnisdaily.com

]]>