• Phone: (021)-7418-607
  • info@imz.or.id
Stay Connected:

PROGRAM IN HOUSE TRAINING I. Manajemen Penghimpunan

  • Pemetaan potensi donatur/muzakki, Mengenal tipe-tipe donatur/muzakki, Pentingnya database peta, donatur/muzakki, Merancang sistem database donatur/muzakki
  • Strategi pelayanan dan pemeliharaan donatur/muzakki, Membangun kedekatan personal untuk loyalitas donatur/muzakki, Teknik komunikasi personal yang efektif.
  • Strategi komunikasi lembaga
  • Urgensi brand image bagi institusi zakat, Membangun pencitraan positif lembaga, Teknik meningkatkan awareness masyarakat melalui teknologi informasi & media, Strategi membangun kepercayaan masyarakat sebagai aspek legitimasi sosial
II. Manajemen Keuangan
  • Keuangan
Manajemen kas, Pengarsipan bukti dan formulir keuangan, Manajemen dana, Jenis-jenis dana yang terdapat pada lembaga zakat, Alokasi penggunaan/distribusi dana pada lembaga zakat, Penyusunan anggaran.
  • Akuntansi
Akuntansi dasar, Akuntansi zakat (PSAK 109), Perbedaan dan persamaan antara akuntansi dana dan akuntansi komersial III. Manajemen Pendayagunaan
  • a. Teknik Perencanaan, Implementasi, Pengawasan dan Evaluasi Program Pendayagunaan untuk program ekonomi, kesehatan, pendidikan dan tanggap bencana
  • b. Manajemen Program Pendayagunaan
Konsep analisis kerangka kerja logis dalam program, Proses merancang program secara logis dan sistematis, Membuat matriks perencanaan program, Pengawasan dan evaluasi program dan mengukur dampak program IV. Manajemen Umum
  • a. Manajemen strategis
Merancang Visi dan Misi institusi, Membuat Analisis SWOT, Formulasi rencana strategis berdasarkan tujuan dan SDM institusi, Metode pengawasan dan evaluasi pelaksanaan strategi institusi
  • b. Manajemen organisasi
Konsep dasar organisasi, Budaya organisasi, Struktur dan fungsi organisasi, Manajemen kepemimpinan, Mengenal karakter pemimpin, Dinamika organisasi, Mengelola kerja tim dalam organisasi, Manajemen konflik, Urgensi komunikasi dalam organisasi, Membangun kerjasama tim, Simulasi kelompok, Penerapan dan mengukur performance management dalam lembaga
  • c. Social Mapping Baseline Study for Program Planning
Identifikasi Kebutuhan Komunitas Masyarakat, , Pemetaan dan analisi potensi masyarakat dan daerah , Pemetaan dan membangun jaringan komunikasi , Analisis Program dan Kelembagaan
  • d. Balance Scorecard: Teknik Menyusun Strategi Organisasi yang Efektif
Bagaimana menyusun Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja berdasarkan Balanced Scorecard (BSC), Menyusun Strategic dg Balanced Scorecard (BSC), Menyusun pengukuran kinerja (KPI) Perusahaan dan karyawan
  • e. Analisis kerangka Kerja Logis untuk Merancang Program Pengembangan
Merencanakan program yang logis dan sistematis dengan parameter yang layak., monitoring dan evaluasi program, mengkomunikasikan pelaksanaan program pada seluruh pihak terkait.
  • f. Integrated Marketing Communications
Kiat membuat Strategi Marketing Communication, teknik menghitung dan membuat anggaran Marketing Communication, prinsip komunikasi program dan ‘pengemasan’ program, meng-create pesan serta mengelola delivery-nya dengan efektif, meningkatkan kinerja operasional dan fungsi lebih efektif dan optimal
  • g. Strategi membangun brand
Basic concepts of Social Marketing and Valued-Based Marketing, concepts brand building dan implementasi brand management, strategi komunikasi dalam mengemas dan memasarkan program, concept strategy memelihara suatu merek produk/ program, perencanaan media untuk brand equity, perencanaan promosi untuk brand development
  • h. Manajemen keahlian dan kepemimpinan
Role of Manager, Basic Tools for Manager, Overview on New Tools for Manager, Overview on Leadership
  • i. Management Corporate Social Responsibility (CSR) dan ISO 26000
Pengantar prinsip‐prinsip CSR dan implementasi, Monitoring dan Pendampingan Program CSR, ISO 26000, Isu-isu CSR Asia, Prinsip-prinsip ISO 26000, Subjek Inti ISO 26000, Pelaporan Kinerja CSR
  •  j. Social Return on Investment (SROI)
Gambaran Analysis SROI, Pengembangan metode SROI, Post SROI Analysis, Studi Kasus dan latihan Case Studies and Exercises
  • k. Studi Kelayakan Investasi
Ruang lingkup dan prosedur Study Kelayakan Proyek Investasi, karateristik Proyek Investasi, aspek –aspek dalam studi kelayakan investasi, menyusun Study Kelayakan Investasi Proyek]]>

Add Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

First Name*
Subject*
Email*
Your Comments