• Phone: (021)-7418-607
  • info@imz.or.id
Stay Connected:

Ciputat(23/9). Kushardanta  Direktur Eksecutif Indonesia Magnificence of Zakat (IMZ) berbagi tips membuat Seminar Organizer (SO) yang sukses kepada 30 peserta yang berasal dari LAZ,BAZ, Akademisi, NGO dan Umum. Seminar Organizer yang bertema : “Sharing Event To Be A Good Project Officer” di Gedung IMZ Lantai 3 ini cukup membuat peserta antusias, nampak pertanyan dan studi kasus bertubi-tubi disampaikan oleh masing-masing peserta.
“Membuat Seminar Organizer tidaklah susah asal kita tahu ’resep’ dan strateginya” kata Kushandanta memulai presentasinya.  Selain menarik dan atraktif, sebuah kegiatan pun diharapkan mendatangkan keuntungan bagi pihak penyelenggaranya.
Dalam sesi Basic Concepts of EO : Understanding and Implementing. Kushardanta mengambarkan bahwa SO adalah bisnis kepercayaan, untuk itu syarat menjadi seorang organizer harus memiliki karakter mau bekerja dengan totalitas tinggi, berfikir kreatif dan inovatif, memiliki kepekaan tingkat tinggi, kemampuan berkomunikasi, bernegosiasi dialog dan memiliki kepercayaan diri.
Terlebih, lanjut Kushardanta, seorang Project Officer (PO) harus mampu  menyusun perencanaan konsep, kemampuan analisa biaya atau keuangan, kemampuan bekerjasama, pengembangan seni imajinasi, kemampuan membuat evaluasi, kedispilinan yang tinggi, tanggung jawab dan mampu bekerja secara overlapping.
Dalam setiap pemaparanya Kushardanta juga memberikan gambaran dan pengalaman dari event-event yang pernah IMZ lakukan baik skala nasional maupun internasional.Kematangan seorang PO terletak juga dari pengalaman jam terbangnya, untuk itu harus sering mengamati event yang ada disekitar kita baik event kecil maupun event besar dan mengkaji secara detail kelebihan dan kekurangan sebuah event yang diselengarakan, apakah target yang diinginkan tercapai atau tidak dan fokus pada tujuan serta mengutamakan kepentingan penyandang dana (sponsor) dan peserta.
Selanjutnya dalam sesi Creating and Event : Optimize The Quality of Proposal. Kushardanta memberikan gambaran tentang penyusunan konsep proposal event dalam mengaet barter sponsor serta cara menyusun laporan pertangung jawaban dan evalusi. Pesertapun diberi kesempatan langsung praktek membuat konsep proposal event dan hasilnya sangat kreatif ada yang menyusun konsep event pernikahan, kegiatan keagamaan, sosial dan lain-lain. Yang menarik peserta terbaik akan langsung direkrut oleh IMZ untuk menjadi tim Project Officer Capacity Building-nya IMZ. (Tatiek)