• Phone: (021)-7418-607
  • info@imz.or.id
Stay Connected:

Di Indonesia zakat relatif masih belum diberdayakan secara maksimal. Padahal di zaman Rasulullah SAW. zakat merupakan salah satu pemasukan keuangan terpenting dalam mengelola pemerintahan. Pada waktu itu pelaksanaan zakat sama sekali tidak membebani negara karena dikelola secara khusus oleh Bait al-Mal, bahkan dana zakat itu membantu negara dalam memenuhi berbagai kebutuhannya. Pada waktu itu zakat terbukti menjadi sirkulator dalam mewujudkan kepentingan dan terpenuhinya kebutuhan bagi mereka yang menerimanya. Selain itu, zakat juga sebagai pembersih harta yang dimiliki manusia dari kerusakan riba serta dosa mereka ketika bertransaksi.

Dengan demikian zakat merupakan salah satu sebab berpindahnya kepemilikan, karena hak milik tersebut berpindah dari mereka yang mengeluarkan zakat ke tangan mereka yang berhak. Di sinilah terwujud manfaat harta untuk kepentingan umum. Keterikatan manusia dengan ibadah yang bersifat keuangan merupakan unsur pendukung langsung yang mendorong umat Islam agar selalu mengusahakan dan mengembangkan harta yang dimilikinya.

Buku ini sangat perlu dimiliki oleh para akademisi, mahasiswa, para pemikir dan praktisi ekonomi Muslim, terutama pengelolaan zakat. Buku ini secara komprehensif menganalisis kewajiban zakat dari perspektif ekonomi, peran pentingnya dalam pembentukan tata aturan ekonomi baru yang stabil, dan pengaruh zakat pada perusahaan-perusahaan modal serta bank-bank Islam.

]]>

Add Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

First Name*
Subject*
Email*
Your Comments