• Phone: (021)-7418-607
  • info@imz.or.id
Stay Connected:

Ciputat, 26 Maret 2012

Badan Zakat Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Menyalurkan zakat tahap pertama tahun 2012 kepada 355 orang Mustahiq yang tersebar di enam kecamatan. Menurut Ketua Bazda Bateng, H. Ali Amran, penerima zakat yang disalurkan pada tahap pertama ada sebanyak 355 orang. “Pada tahap pertama tahun 2012 ini kita menyalurkan zakat kepada yang berhak menerimanya dengan total 355 orang yang tersebar di enam Kecamatan. Yakni Kecamatan Koba sebanyak 160 orang, Lubuk 20 Orang, Namang 85 orang, Simpang Katis 32 orang, Sungai Selan 34 orang dan Kecamatan Pangkalan Baru 33 orang,” ungkap H. Ali Amran, kemarin (21/3).

Untuk jumlah zakat yang disalurkan disebutkannya, totalnya berjumlah Rp 148 juta. Yang dibagi kedalam beberapa Mustahiq yakni  fakir miskin atau rumah layak huni sebesar Rp 500 ribu per orang, Marbod Rp 500 ribu per orang, beasiswa tingkat SD sederajat sebesar Rp 300 ribu per orang, tingkat SLTP sederajat Rp 400 ribu per orang dan SLTA sederajat sebesar Rp 500 ribu per orang.
“Total Penyaluran Zakat BAZDA pada tahap pertama yakni Fakir miskin/rumah layak huni berjumlah 54 orang dengan total Rp 27 juta, Marbod berjumlah 101 orang Rp 50.500.000, SD sederajat  sebanyak 125 orang Rp.37.500.00, SLTP sederajat sebanyak 45 orang Rp 18 juta dan SLTA sederajat sebanyak 30 orang Rp 15 juta,” papar Ali.
Kita berharap penyaluran zakat ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan dapat bermanfaat bagi yang menerimanya seraya dikatakannya bahwa ini merupakan bentuk sesama umat manusia terutama wajib bagi umat Islam untuk berzakat. “Zakat merupakan kewajiban umat Islam, karena didalamnya terdapat nilai-nilai sosial dan saling tolong menolong,” pesannya.
Dikatakan Ali bahwa penyaluran zakat sebelumnya kita berikan berupa barang dan uang tunai namun karena penerima zakat ini kesulitan membawa barang karena jarak yang jauh maka kita putuskan untuk memberikan uang saja agar lebih praktis. “Mari kita bersyukur karena ini bukti adanya kepedulian antara sesama umat manusia, tandasnya.
Nanti tahap selanjutnya, Bazda akan memberikan beasiswa kepada siswa-siswa yang belum mendapatkan, karena tahap pertama ini kita hanya baru bisa menyalurkan zakat berupa beasiswa kepada pelajar untuk kecamatan koba dan Namang saja. Sementara itu Kabag Kesra Setda Bateng, H, Sofyan, SAg mengatakan, Bazda Bateng memang setiap tahun selalu menyalurkan bantuan kepada mustahiq yang benar-benar berhak menerima zakat tersebut.
Kegiatan penyaluran zakat ini dilakukan selama dua hari mulai 20-21 Maret 2012 bertempat di gedung Serba Guna di enam Kecamatan setempat. Selain itu penyaluran zakat ini juga dapat meningkatkan silahturahmi dan kepedulian sesama umat manusia terutama agama islam diwajibkan membayar zakat serta rasa syukur atas nikamt yang diberikan kepada kita. “Jangan dilihat besaran jumlah zakat karena ini bentuk kepedulian sesama kita dan sebagai umat muslim kita harus bersyukur atas nikamat dan rezeki,” kata Sofyan. (Fer).
Sumber: radarbangka.co.id
Tag: Zakat, penyaluran, BAZ

]]>

Add Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

First Name*
Subject*
Email*
Your Comments