• Phone: (021)-7418-607
  • info@imz.or.id
Stay Connected:

Ciputat, 20 Februari 2012

Badan Amil Zakat (BAZ) Kutai Kartanegara (Kukar) selama kurun 2011 lalu berhasil mengumpulkan zakat dan infak sebanyak Rp 1,014 miliar yang dipungut dari 695 orang wajib zakat (muzakki) dan 3.200 perinfak (munfik). Dari hasil pengumpulan zakat dan infak itu telah didistribusikan kepada yang berhak menerima (mustahik) sebesar Rp 584,2 juta.

Ketua BAZ Kukar H Encek Mugnidin diwakili Kepala Divisi Pengembangan BAZ Hamlan Mi’raji Rabu (15/2) kemarin menerangkan, dari angka Rp 1,014 miliar itu untuk zakat Rp 797,2 juta dan infak Rp 217,4 juta. Zakat dan infak yang terkumpul itu mengalami peningkatan 16 persen jika dibanding 2010 lalu yang hanya Rp 849,1 juta. Dijelaskan Hamlan, zakat dan infak itu dikumpulkan oleh beberapa sumber seperti Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), UPZ Masjid Agung, para Petugas Pengumpul Zakat (PPZ), outlet zakat, UPZ Bank, dan ada juga yang diantar langsung ke Kantor BAZ Kukar. Selama 2011 lalu menurut Hamlan, zakat dan infak itu telah disalurkan kepada yang berhak menerima sebesar Rp 584,2 juta yaitu para fakir miskin, mualaf, ibnu sabil atau musafir, fisabilillah, bantuan kesehatan, bencana alam, panti asuhan, lembaga pendidikan dan rumah ibadah seperti masjid dan langgar.

Meningkatnya penerimaan zakat dan infak dari tahun ke tahun itu, lanjut dia, tak lepas dari makin optimalnya sosialisasi zakat selama ini yang menjangkau semua lini dan segmen masyarakat di Kukar. Dengan memanfaatkan berbagai media seperti brosur, baliho, spanduk, dan banner. Termasuk pula mendirikan puluhan outlet zakat dan merekrut petugas PPZ di setiap kelurahan, khususnya di Tenggarong serta pelatihan manajemen zakat bagi para PPZ se-Kukar.

“Kami bertekad tahun 2012 ini kegiatan sosialisasi terus ditingkatkan untuk memberikan pemahaman dan menanamkan kesadaran kepada umat akan pentingnya kewajiban zakat yang merupakan bagian dari rukun Islam. Sosialisasi juga untuk memberikan pengertian kepada warga bagaimana tata cara dan prosedur menunaikan zakat di BAZ ” urai Hamlan. Dia menjelaskan program kerja BAZ tahun 2012  di antaranya, menggelar rapat koordinasi, pelatihan UPZ/PPZ, sosialiasi, mendirikan outlet zakat, pendataan wajib zakat, dan distribusi hasil zakat kepada yang berhak menerimanya.

” Bagi yang ingin berzakat atau berinfak dapat menghubungi para PPZ atau langsung ke Sekretariat BAZ Kukar samping Masjid Agung Tenggarong. BAZ juga siap membantu umat untuk menghitung zakat sesuai syariah,” tutup Hamlan. (hmp23)

Sumber: Kaltimpost.co.id Tag: Zakat, BAZ, Penghimpunan, Sosialisasi
]]>