• Phone: (021)-7418-607
  • info@imz.or.id
Stay Connected:

Ciputat, 18 Mei 2011

Badan Amil Zakat (BAZ) Provinsi Kepri menargetkan pencapaian zakat di Provinsi Kepri, untuk 2011 berjumlah Rp25 milliar. Karenanya BAZ Provinsi Kepri terus gencar melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menzakatkan hartanya. Demikian disampaikan oleh Ketua BAZ Provinsi Kepri, Drs H Mustamin Husain, kepada Tanjungpinang Pos, selepas sosialisasi zakat di Kecamatan Seri Kuala Lobam, Senin (16/5) kemarin. Menurut Mustamin, tahun 2010 pengumpulan zakat dari pegawai di Provinsi Kepri sebesar Rp1 milliar, sedangkan berdasarkan Menteri Agama untuk Provinsi Kepri sebesar Rp21 mi-liar yang diperoleh dari kota kabupaten yang ada. Dikatakannya untuk meningkatkan pengumpulan zakat tahun 2011, pihaknya berusaha menyosia-lisasikan dan memberikan pengetahuan agar tingkat kesadaran masyarakat untuk berzakat lebih baik. “Kesadaran masyarakat sudah baik, namun belum maksimal. Selain sosialisasi kita juga tingkatkan kualitas SDM para Amil di kota kabupaten di Provinsi Kepri,’’ katanya. Dikatakannya semoga dengan meningkatnya kualitas para Amil dan membaiknya ekonomi di masyarakat semoga tahun 2011 ada peningkatan zakat di Provinsi Kepri.‘’Kita targetkan Rp25 milliar, namun minimal Rp24 milliar,’’ katanya.

Bagi masyarakat ia mengimbau agar mengeluarkan zakatnya kepada para Amil, dan tidak memberikan langsung kepada para mustahiq. ‘’Ini lebih baik dari berbagai segi, baik bentuk administrasinya, pahalanya dan kegunaannya,’’ jelasnya. Lebih jauh ia mengharapkan masyarakat, muslimin dan muslimat, yang sudah lebih kebutuhannya maka dengan tulus dan iklas mengeluarkan zakatnya, bagaimana juga dengan mengeluarkan zakat bukan artinya berkurang hartanya. Namun akan bertambah karena harta itu akan lebih berkah. Sementara itu, Hj. Misiah, anggota DPRD Bintan yang hadir pada acara sosialisasi zakat di kantor kecamatan mengatakan, program pengumpulan zakat oleh BAZ sangat baik. Karena mampu mendukung program pemerintah diantaranya membantu untuk mengembangkan usaha kecil bagi masyarakat kurang mampu. Dia mengatakan, sangat mendukung program BAZ. Namun ke depan lebih gencar dalam mensosialisasikan hal ini, karena banyak masyarakat belum tahu. “Dengan zakat, maka kita bisa memberdayakan masyarakat dan mampu mengentaskan kemiskinan, ini salah satu program pemerintah,’’ tegasnya. Dalam kesempatan itu, BAZ Kecamatan Seri Kuala Lobam memberikan beasiswa kepada anak-anak yatim yang ada di Seri Kuala Lobam.

Pemberian beasiswa ini merupakan kerjasama dengan pihak sekolah. Untuk tingkat SD ada enam sekolah dan SMP ada satu sekolah, serta beasiswa untuk sekolah PAUD.(slamet)

Sumber : tanjungpinangpos.co.id

]]>